Widget HTML Atas

Sabar OM masih Loading...
Orang sabar disayang Janda :-)
Ayo OM Bantu Like & Follow Fanspage Realsht.mobi Please lah OM
GET LINK

Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah Beserta Artinya

Saat masuk dan keluar rumah, mayoritas dari kita biasanya akan mengucapkan salam. Ternyata, selain mengucap salam, kita juga turut dianjurkan untuk membaca doa masuk rumah dan doa keluar rumah. Oleh sebab itu, doa masuk rumah dan keluar rumah beserta artinya sangat penting untuk diketahui.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, rumah merupakan tempat yang sangat penting dalam hidup kita. Rumah merupakan salah satu dari tiga kebutuhan pokok manusia. Tanpa rumah, kita tidak akan bisa hidup dengan nyaman.
Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah Beserta Artinya
Karena dalam Islam kita dianjurkan untuk selalu membaca doa sebelum melakukan aktivitas, maka saat hendak masuk dan keluar dari rumah, kita juga dianjurkan untuk membaca doa.

Keutamaan Membaca Doa Masuk Rumah

Dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Muslim (HR. Muslim No. 2018), Nabi Muhammad SAW pernah berkata bahwa: Bila seseorang masuk ke dalam rumah atau pun makan dengan menyebut nama Allah, maka setan akan langsung berkata pada teman – temannya bahwa mereka tidak akan memiliki tempat untuk bermalam dan tidak akan mendapatkan jatah makan.

Di lain sisi, bila seseorang masuk ke rumah ataupun makan tanpa menyebut nama Allah (karena lupa), maka setan akan langsung berkata pada teman – temannya bahwa mereka memiliki tempat untuk bermalam dan mendapatkan jatah malan malam.

Bacaan Doa Masuk Rumah

Doa masuk rumah dapat dibagi menjadi dua versi. Dua versi doa ini memiliki lafaz yang berbeda dan digunakan dalam situasi yang berbeda. Versi doa masuk rumah yang pertama adalah doa ketika masuk rumah yang biasa dihuni sehari – hari. Lafaz doanya adalah sebagai berikut:
Doa Masuk Rumah Beserta Artinya
Lafaz doa di atas hanya dibaca saat kita akan memasuki rumah yang biasa dihuni sehari – hari. Jika rumah yang kita masuki adalah rumah kosong, maka lafaz doanya adalah sebagai berikut:

Bacaan Doa Keluar Rumah

Saat hendak keluar rumah, kita juga turut dianjurkan untuk membaca doa. Berikut merupakan bacaan doa keluar rumah yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW:
Doa Keluar Rumah Beserta Artinya

Adab Saat Masuk dan Keluar Rumah

Selain membaca doa masuk rumah dan doa keluar rumah, kita juga dianjurkan untuk mengerjakan beberapa adab masuk dan keluar rumah berikut ini:
  1. Mengucapkan Salam Dalam ayat Al-Qur’an surah An Nur ayat 61, disebutkan bahwa bila kita memasuki sebuah rumah, kita dianjurkan untuk mengucapkan salah kepada para penghuninya dan kepada diri kita sendiri. Salam yang kita ucapkan adalah salam yang ditetapkan oleh Allah SWT, yaitu salam yang diberi berkah dan kebaikan.
    Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Nabi Muhammad SAW pernah berkata bahwa jika kita hendak masuk ke dalam rumah dan bertemu dengan anggota keluarga kita, maka kita dianjurkan untuk mengucap salam agar diri kita dan keluarga kita mendapatkan berkah dari Allah SWT.
  2. Masuk dengan Kaki Kanan Dalam Islam, rumah merupakan tempat yang baik dan suci. Untuk itu, saat masuk ke dalam rumah, selain membaca doa masuk rumah dan mengucap salam, kita juga dianjurkan untuk melangkah dengan kaki kanan terlebih dahulu.
  3. Keluar dengan Kaki Kiri Bila hendak keluar dari rumah, selain membaca doa keluar rumah, kita juga turut dianjurkan untuk mendahulukan kaki kiri.
    Setiap hari kita selalu masuk dan keluar dari rumah. Oleh sebab itu, pengetahuan akan doa masuk rumah dan keluar rumah beserta artinya benar – benar sangat penting. Sebisa mungkin, hafalkanlah lafaz dua doa tersebut beserta dengan artinya secara lengkap.

No comments for "Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah Beserta Artinya"